Susanto, Tri Agus and Budiarto, Gatot and Indones, Noer and Widodo, Widodo (1993) Pembinaan disiplin di lingkungan masyarakat kota Palembang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Palembang.

[img]
Preview
Text
PEMBINAAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (28MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan sumber lnfonnasl diperoteh kesimpulan bahwa Palembang Bari merupakan momentum yang sangat baik untuk meningkatkan dislplin dan kepatuhan warga masyarakat dalam rangka menciptakan kota yang tertib dan aman.
Secara administratif yuridis, sistem untuk terciptanya dlsiplin dan kepatuhan masyarakat sudah cukup baik. Perda Nomor 8 Tahun 1987 secara jelas dan tegas telah mengatur tentang larangan, kewajiban dan ancaman hukuman bagi yang melanggarya. Sehingga bilamana Perda ini diterapkan secara konsisten kota Palembang dimungkinkan dengan mudah moto Bari cepat terealisir.
Secara empirik, gambaran tentang dlsiplin dan ketertiban masayarakat kota Palembang masih perlu dltingkatkan. Hal ini terlihat dari masih banyaknya warga masyarakat yang melakukan pelanggaran pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan Perda.
Tingkat disiplin dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan ternyata masih sangat dipengaruhi oleh kehadiran petugas secara fisik di suatu tempat. Bilamana petugas yang berwenang tidak ada terdapat kecenderungan pelanggaran mempunyai frekuensi untuk meningkat.
Terdapatnya rambu atau papan-papan peringatan di tempat umum dalam derajat yang tinggi masih dijumpai pelanggaran. Pelanggaran yang dilakukan berkecenderungan bersumber pada masih relatif rendahnya kesadaran masyarakat untuk menghormati aturan tertulis.
Upaya peningkatan disiplin masyarakat secara umum mampu memperoleh hasil cepat dilakukan secara represif. Tetapi cara ini menunjukkan hasil yang relatif tidak langgeng. Palembang Bari dengan usaha -usaha untuk mewujudkannya ternyata menunjukkan kecenderungan yang besar bahwa lingkungan kota Palembang semakin bersih, rapi dan indah, khususnya pada jalan-jalan protokol dan tempat-tempat umum.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:36
Last Modified: 18 Jan 2024 03:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29102

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot