Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Repositori Institusi Kemendikbud RI) adalah sebuah layanan informasi digital yang menyediakan akses terbuka (open access) dan daring (online) kepada publik terkait dengan berbagai informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud dalam berbagai format.

Repositori Institusi Kemendikbud RI juga merupakan sarana yang digunakan Perpustakaan Kemendikbud dalam mengumpulkan seluruh karya yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbud agar dapat diakses secara luas dan mudah oleh publik. Hal ini sejalan dengan fungsi Perpustakaan Kemendikbud sebagai perpustakaan khusus sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Khusus, yaitu sebagai pusat deposit lembaga induknya. Pemanfaatan Repositori Institusi Kemdikbud RI secara daring (online) diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses berbagai informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan dengan cepat, tepat dan akurat, serta sekaligus dapat meningkatkan visibilitas dan memberikan dampak positif bagi institusi Kemendikbud..

Hak cipta suatu karya yang dikelola dalam Repositori Institusi Kemendikbud RI dimiliki oleh institusi pencipta karya tersebut. Perpustakaan Kemendikbud sebagai pengelola repositori institusi dapat menyebarluaskan karya tersebut melalui Repositori Institusi Kemendikbud RI. Seluruh materi dalam Repositori Institusi Kemendikbud RI menggunakan lisensi Creative Common CC BY-NC 4.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/), dimana pengguna yang menggunakan sumber informasi dari Repositori Institusi Kemendikbud RI harus menuliskan atribut sumber yang digunakan dan tidak digunakan untuk tujuan komersial.

Kontak Informasi

Email ke perpustakaan@kemdikbud.go.id