Astuty, Diah and Herlina, Lina and Natalin Rusmini, Mini and Sumiati, Ati and Suparini, Rini and Indrianto, Kadi (2019) Borneo, Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, edisi khusus, nomor 31, Januari 2019. LPMP Kalimantan Timur, Samarinda. ISBN 1858-3105

[img] Text
56. Khusus Nomor 31 Januari 2019.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang peningkatan hasil belajar IPA melalui
model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 35 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35
Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Waktu melaksanakan penelitian di
Sekolah dimulai pada bulan April-Mei 2016. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan menggunakan rancangan tindakan
meliputi: Siklus 1 (a) perencanaan (planning), (b) tindakan (acting), (c)
observasi (Observation), dan (d) refleksi (Reflecting). Siklus 2 (a)
perencanaan (planing). (b) Pelaksanaan (acting). Data yang
dikumpulkan dalam penelitian meliputi: Data hasil belajar siswa,
dijaring dengan menggunkan teknik tes yang di ambil pada akhir
pembelajaran/pada akhir pokok bahasan. Data aktivitas siswa, dijaring
dengan menggunakan lembar pengamatan. Data aktivitas guru
mengelola pembelajaran, dijaring dengan menggunakan lembar
pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan
pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa:
Hasil belajar siklus I menunjukkan bahwa dari 33 orang siswa yang
dikenai tindakan, ada sebanyak 11 orang siswa memperoleh nilai ≥ 62
dengan nilai rata-rata 56,51 (33,33%) mencapai kriteria ketuntasan
belajar, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 orang siswa
(57,57%) yang memperoleh nilai ≥ 62 dengan nilai rata-rata 67,42.
Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I menunjukkan nilai
hasil observasi pertemuan I adalah 60,60 dan pada pertemuan II dengan
nilai 65,45, sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai hasil aktivitas
siswa 69,79 dan pada pertemuan II dengan nilai 75,52. Aktivitas guru
dalam pembelajaran siklus I menunjukkan nilai hasil observasi
pertemuan I adalah 63,63 dan pada pertemuan II dengan nilai 69,09,
sedangkan pada siklus II pertemuan I nilai hasil aktivitas guru adalah
76,36 dan pada pertemuan II dengan nilai 80,00.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Belajar di rumah
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 12 Aug 2022 01:57
Last Modified: 12 Aug 2022 01:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25288

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet nadim togel santuy4d garuda slot