Ganesa, Rochaeni Esa and Riana, Riana and Suhanda, Endin (2019) Model penguatan karakter cinta tanah air melalui kegiatan prasiaga. [Teaching Resource]

[img] Text
Model 2019-Model Prasiaga.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan Model Penguatan Karakter Cinta Tanah Air melalui kegiatan Prasiaga diharapkan dapat memberikan acuan pada pendidik dalam melakukan proses pembelajaran prasiaga dengan sasaran anak usia 5-6 tahun. Model prasiaga dirancang untuk model pembelajaran dengan menggunakan proses pengembangan menggunakan metode 4 D (Define, Design, Development and Dissemination). Prosesnya diawali dengan melakukan identifikasi, perancangan model dan proses ujicoba. Pelaksanaan Ujicoba dilakukan dengan 2 tahapan yaitu ujicoba konseptual PAUD Wangsakarya 1 Kabupaten Cianjur, dan ujicoba operasional di TK Kartika, PAUD Golden Kids Kota Bandung dan RA An Nur Nurul Mulia Kota Cimahi. Untuk menjaga mutu dari proses ujicoba dan pengembangan maka dilakukan kegiatan pemantuan terhadap proses pembelajaran selama 4 kali pemamtuan dengan lama waktu pembelajaran selama 30 Jam.Tenaga pendidik yang terlibat dalam proses kegiatan belajar di tiap satuan adalah 2 orang yang mengawal rata-rata 20 orang sampai 30 orang peserta didik. Hasil ujicoba koseptual menghasilkan langkah-langkah operasional dalam pembelajaran prasiaga, sedangkan pada ujicoba operasional diperoleh penyempurnaan terhadap langkah yang
harus dilakukan pendidik dalam setiap Rencana Kegiatan Latihan (RKL) yang diajarkan serta penyempurnaan panduan prasiaga para pendidik.
Penerapan pembelajaran prasiaga menggunakan RKL dengan mengusung cinta tanah air mengacu pada tema cinta persatuan, cinta buatan indonesia dan cinta budaya. Adapun lingkup tema yang gali untuk menguatkan cinta tanah air diambil dari lingkup lingkungan indovidu, lingkungan sosial dan lingkungan alam. Pencapaian peningkatan sikap cinta tanah air dilakukan dengan tahapan kegiatan pembelajaran sebagai berikut :
1) Pembukaan/Upacara pembukaan, 2) Kegiatan Lingkaran, 3) Kegiatan permainan tematis, 4) permainan lapangan, 5) mendengarkan cerita dan 6) upacara penutupan. Kemampuan peserta didik dari hasil ujicoba dapat dilihat dari ketercapaian 6 aspek perkembangan peserta didik pada awal pembelajaran belum menunjukkan hasil yang baik, akan tetapi setelah diberikan muatan prasiaga maka penguatan karakter cinta tanah air menunjukkan hasil yang memuaskan terutama pada aspek sosial emosional dan aspek fisik motorik pada perilaku peserta didik. Tingkat Kecakapan Khusus yang dicapai peserta didik mencakup 6 Tanda Kecakapan Khusu yaitu 1) Ibadah 2) Kenal Negaraku 3) Kenal Budaya 4) Penjelajah 5) Menyanyi dan 6) Pemimpin.

Item Type: Teaching Resource
Additional Information: Terdiri dari bahan sertaan sebagai berikut : 1. Eka, Satya dan Dharma 2. Pengalamanku 3. Yuk Menjadi Orang yang Amanah 4. Panduan Pembelajaran Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Prasiaga
Uncontrolled Keywords: Prasiaga
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:07
Last Modified: 04 Mar 2022 03:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25002

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot mariatogel slot gacor 4d santuy4d garuda slot gacorbos slot gacor malam ini slot deposit pulsa https://prosiding.umk.ac.id/ https://jurnal.itsp.ac.id/ slot deposit pulsa