Ulumudin, Ihya and Astuti, Rahmah and Hariyant, Erni and Wijayanti, Kusuma and Lismiyanti, Siska (2021) Risalah kebijakan Nomor 20, September 2021: implementasi penilaian hasil belajar oleh guru pada siswa sekolah dasar. Documentation. Pusat Penelitian Kebijakan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Text
Risalah_Kebijakan_Puslitjak_No__20,_September_2021_Implementasi_Penilaian_Hasil_Belajar_oleh_Guru.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (1MB) |
Abstract
Perubahan sistem penilaian dalam Kurikulum 2013 membuat para pendidik bingung, karena sistem penilaian tradisional yang selama ini sudah dianggap mapan dan mudah untuk dilakukan, tiba-tiba harus berubah dengan bentuk penilaian alternatif berupa penilaian autentik. Kesulitan lain yang dihadapi oleh guru dalam melakukan penilaian yakni penerapan penilaian autentik yang terdiri dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Evaluasi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan, dan pelaporan penilaian.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penilaian Pendidikan Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Kurikulum Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | perpus dikbud |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 09:44 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 09:58 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24910 |
Actions (login required)
View Item |