Kurniati, Euis (2018) Model pembelajaran berbasis bimbingan kelompok, bermain, dan budaya (BKBB) bagi anak usia dini. SEAMEO CECCEP, Bandung.
Text
BKBB.pdf Copyright All Rights Reserved Download (2MB) |
Abstract
Bimbingan kelompok berbasis bermain (BKBB) didefinisikan sebagai pola umum layanan bimbingan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik dengan menggunakan seting kelompok yang berdasarkan pada konsep dan karakteristik bermain, bimbingan kelompok dengan pendekatan Adlerian, pembelajaran berbasis bimbingan, developmentally appropriate guidance serta hasil studi pendahuluan tentang profil kekuatan karakter yang bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai perkembangan yang optimal khususnya untuk mengembangkan karakter anak usia dini. Tujuan umum model BKBB adalah untuk memfasilitasi seluruh aspek perkembangan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan sukses dalam menghadapi tantangan hidupnya. Secara khusus model BKBB bertujuan untuk mengembangkan karakter kindness anak usia dini yang meliputi (1) kemurahan hati (generousity), (2) merawat orang lain (nurturance), (3) peduli pada orang lain (care), (4) perasaan kasih sayang terhadap orang lain (compassion), (5) mementingkan kepentingan bersama (altruistic love), dan juga (6) ramah terhadap orang lain (niceness) yang ditunjukkan dengan terlatihnya keterampilan anak untuk: berbagi, mengucapkan terima kasih, bermain bersama teman, menunggu giliran, menyapa, menawarkan bantuan, mengucapkan kata maaf, mendengarkan, mengucapkan kata tolong jika membutuhkan mainan, mengucapkan kata permisi.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Sekolah > Paud dan Taman Kanak-Kanak Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Sekretariat Jenderal > SEAMEO CECCEP |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 11:29 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 11:29 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21194 |
Actions (login required)
View Item |