Suhanda, Endin (2013) Model pendidikan keaksaraan melalui TIK: optimalisasi handphone dalam pembelajaran keaksaraan. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Bandung, Bandung.
Text
Model 2013-Dikmas-Model Keaksaraan Melalui TIK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan keaksaraan melalui TIK mempunyai tujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melestarikan kompetensi keaksaraan warga belajar pendidikan keaksaraan, melalui optimalisasi piranti HP sebagai media belajar utama pendukung pencapaian tujuan pembelajarannya. Adapun alasan penggunaan HP sebagai katalisator pencapaian tujuan belajarnya, dikarenakan di dalam HP antara lain terdapat: 1) menu panggilan dan penerimaan suara, menu penulisan dan penerimaan SMS, dan 2) aplikasi-aplikasi yang sangat memungkinkan warga belajar untuk intens belajar mengasah kompetensi berkomunikasi, dan mendapatkan informasi sebagai bahan untuk meningkatkan kompetensi menulis, membaca, dan berhitung.
Keberadaan model ini bisa dijadikan alternatif solusi untuk menjawab permasalahan utama penyelenggaraan pendidikan keaksaraan di Indonesia, yaitu kompetensi keaksaraan para lulusan program keaksaraan hilang atau menjadi buta aksara kembali, karena tidak memfungsionalkan kompetensi keaksaraan yang diperolehnya dalam aktivitas kehidupannya sehari-hari.
Karenanya dalam model terdapat beberapa inovasi yang ditawarkan,: 1) dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang tidak tersekat ruang dan waktu, sehingga mendorong warga belajar untuk lebih aktif belajar mandiri, di luar panti belajar, serta tidak tergantung pada kehadiran tutor, 2) diformulasikan untuk menjaga kelestarian keberaksaraan warga belajar yang selama ini menjadi stigma penyebab timbulnya permasalahan buta aksara kembali, 3) dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, partisipatif, dan komunikatif, karena aktivitas belajar aksara disinergikan dengan aktivitas belajar menggunakan HP, dan 4) dirancang untuk memperkuat minat dan motivasi warga belajar untuk meningkatkan kemampuan keberaksaraannya, melalui pemberian HP sebagai bentuk ragi belajar.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Keaksaraan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat |
Depositing User: | Mrs Sofi Suwaris |
Date Deposited: | 08 Nov 2018 05:29 |
Last Modified: | 08 Nov 2018 05:29 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/8670 |
Actions (login required)
View Item |