Pujimin, Pujimin and Suyatno, Suyatno (2017) Pendidikan agama Buddha dan budi pekerti SD Kelas IV: buku siswa. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, Jakarta. ISBN 9786022828501
|
Text
buku siswa budha.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30MB) | Preview |
Abstract
Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhan ketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Buddha mengungkapkan, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789).
Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain, melalui sumber lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan Pendidikan > Buku Sekolah |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 07:39 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 07:53 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/6939 |
Actions (login required)
View Item |