Darnis, Azhari Dasman (2012) Ketermanfaatan pedoman umum pembentukan istilah (PUPI) dalam pembentukan istilah bahasa Indonesia. Masters thesis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[img]
Preview
Text
digital_20301550-T30590 - Ketermanfaatan pedoman.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas hubungan antara kebermanfaatan kaidah pembentukan istilah, yaitu Pedoman Umum Pembentukan Istilah (PUPI) dengan kebertemaan istilah. Data pengguna istilah diambil dengan cara mengujikan beberapa istilah yang dibentuk tidak dengan mengikuti kaidah pembentukan (PUPI) dan tataejaan untuk keberterimaannya. Data dari pembentuk istilah diambil melalui wawancara tentang cara mereka membentuk istilah melalui wawancara tentang mereka membentuk istilah melalui pengujian dengan memberikan mereka sepuluh istilah asing untuk dipandankan ke dalam bahasa Indonesia. Penelitian memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah gabungan antara metode pembentukan istilah dan keberterimaan istilah yang diusulkan Haugen, Cabre, Moeliono, ISO TC/37, Pedoman Umum Pembentukan Istilah (PUPI), Ddan ejaan yang disempurnakan (EYD). Hasil penelitian menunjukan bahwa istilah yang dibentuk sesuai dengan peduman PUPI memiliki tingkat keberterimaan yang jauh lebih tinggi dari pada istilah yang dibentuk dengan mengabaikan PUPI. Pengabaian pedoman PUPI disebabkan kekurangcermatan pembentuk istilah dalam membentuk istilah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Mr Rasyid Ridho
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:00
Last Modified: 08 Feb 2017 04:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet nadim togel santuy4d garuda slot