Hermawan, Ida Kintamani Dewi (2015) Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan. Kinerja Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal Berdasarkan Misi Pendidikan, 21 (1).

[img]
Preview
Text
7. IDA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji potensi layanan pendidikan anak
usia dini (PAUD) dan pendidikan nonformal (PNF), indikator pendidikan berdasarkan misi
pendidikan, dan kinerja PAUD dan PNF tahun 2012. Metode yang digunakan adalah studi
dokumentasi atau kepustakaan. Analisis dilakukan secara deskriptif menggunakan indikator
pendidikan berdasarkan misi pendidikan, yaitu ketersediaan, kualitas, kesetaraan, kepastian
layanan. Hasil kajian menunjukkan bahwa potensi 7 layanan pendidikan (pendidikan
keaksaraan (PK), PAUD, TK, Paket A, Paket B, Paket C, dan kursus) telah berhasil
menampung 12,9 juta peserta didik, dengan pendidik sebesar 575,6 ribu, dan pengelola
sebesar 160,9 ribu. Selain itu, berdasarkan misi pendidikan dengan nilai ideal 100 maka
ketersediaan sebesar 84,48, kualitas sebesar 59,92, kesetaraan sebesar 83,85, dan
kepastian sebesar 73,45 sehingga kinerjanya menjadi 75,43. Simpulannya, kinerja PAUD
dan PNF yang terendah adalah pada kualitas layanan dan yang tertinggi adalah pada ketersediaan layanan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Sekretariat Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan
Depositing User: Mrs Syafnelly Syafnelly
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:20
Last Modified: 09 Mar 2017 03:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot mariatogel slot gacor 4d santuy4d garuda slot gacorbos