Saroengallo, Tino and Herlambang, Erland and Wulan, Rinda and Sasmanto, Agung Nurul (2015) Album budaya keraton/istana di Jawa dan Madura = palaces in Java and Madura. Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Jakarta. ISBN 978-602-282-793-1

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan hasil kebudayaan daerah Indonesia)
ALBUM BUDAYA KERATON ISTANA DI JAWA DAN MADURA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (100MB) | Preview

Abstract

Upaya pelestarian kebudayaan nasional tidak dapat dipisahkan dari upaya pendataan dan pengungkapan aspek aspek kebudayaan di Indonesia. Keragaman kebudayaan di Indonesia merupakan bagian dari identitas bagi bangsa Indonesia. Keragaman aspek budaya juga ada di dalam keraton dengan ciri tersendiri. Selain sebagai peninggalan sejarah, keraton merupakan lingkungan budaya dengan kekhasan tersendiri, yang ditunjang dengan seperangkat pranata sosial.
Keraton sebagai salah satu aspek kebudayaan tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan suatu wilayah dan tata kelola pemerintahan tradisional. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa keraton dapat memberi ciri serta identitas tertentu terhadap sekelompok masyarakat sebagai pendukung kebudayaan tersebut.
Keraton pada masa lalu merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat kebudayaan, dan saat ini dan yang akan datang Keraton tetap menjadi pusat kebudayaan. Sebagai pusat kebudayaan, beragam unsur budaya ada di dalamnya, seperti: adat istiadat, tradisi, serta benda-benda budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, serta dapat dimanfaatkan sebagai sarana melaksanakan segala aktivitas kehidupan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:59
Last Modified: 13 Feb 2024 01:59
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30776

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot