Mulyadi, Mulyadi and Suratmin, Suratmin and Sularto, Bambang and Mulyono, Mulyono and Widyaningsih, Widyaningsih (1982) Upacara tradisional sebagai kegiatan sosialisasi DIY. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkiatan dengan upacara tradisional)
UPACARA TRADISIONAL SEBAGAI KEGIATAN SOSIALISASI DIY.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (93MB) | Preview

Abstract

Di dalam hampir semua masyarakat di seluruh dunia mengenal tingkatan-tingkatan sepanjang hidup individu yang disebut daur hidup atau stages along the life-cycle.
Banyak masyarakat pendukung kebudayaan di berbagai daerah yang beranggapan bahwa saat peralihan dari satu tingkat ke lain tingkat atau dari satu lingkungan sosial ke lain lingkungan sosial itu merupakan suatu saat yang gawat, yang penuh bahaya, nyata maupun gaib (Koentjaraningrat, 1967:84).
Demikianlah upacara-upacara yang diselenggarakan berkaitan dengan melampaui saat-saat krisis seperti itu (termasuk peristiwa kematian) sering mengandung unsur-unsur selamatan yang dimaksudkan untuk menolak bahaya-bahaya gaib yang mungkin mengancam individu-individu serta lingkungan mereka. Upacara-upacara seperti ini sering disebut "upacara-upacara masa krisis" atau crisis-rites.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:19
Last Modified: 04 Mar 2024 01:19
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30358

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot