Budhisantoso, Budhisantoso and Rosyadi, Rosyadi and Pelawi, Kencana Sembiring and Umar, Rika and Yunus, Ahmad (1992) Pesan-pesan keseimbangan lingkungan dalam cerita rakyat daerah Sulawesi Tengah. Proyek Penelitian Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
PESAN-PESAN KESEIMBANGAN LINGKUNGAN DALAM CERITA RAKYAT DAERAH SULAWESI TENGAH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Salah satu media yang digunakan untuk mereka pesan-pesan
budaya tersebut adaiah cerita rakyat. Cerita rakyat sebagai suatu bentuk tradisi lisan merupakan sarana yang cukup efektif bagi penyampaian pesan-pesan budaya. Hal ini dimungkinkan karena pada masa itu tradisi tulis menulis belum begitu berkembang. Di samping itu, adat lebih mengutamakan bentuk komunikasi tatap muka daripada bentuk komunikasi melalui perantaraan tulisan, sehingga tradisi lisan pada masa itu merupakan satu-satunya media untuk mentransformasikan kebudayaan.

Pentingnya mengkaji nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat, karena cerita-cerita rakyat itu memiliki fungsi kultural. Lahirnya suatu cerita rakyat bukan semata-mata didorong oleh keinginan penutur untuk menghibur masyarakatnya, melainkan dengan penuh kesadaran ia ingin menyampaikan nilai-nilai luhur kepada generasi penerusnya Dalam kaitannya dengan konsepsi pembangunan yang berwawasan lingkungan, pesan-pesan budaya yang terkandung di dalam cerita-cerita rakyat memiliki peranan yang cukup penting, khususnya dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu maka upaya pengajian pesan-pesan yang terdapat di dalam cerita rakyat perlu segera dilakukan sebelum cerita-cerita itu musnah, agar pesan-pesan luhur peninggalan nenek moyahg tidak ikut hilang bersama musnahnya cerita-cerita rakyat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:13
Last Modified: 14 Mar 2024 02:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30272

Actions (login required)

View Item View Item