Moesono, Anggadewi and Nuraida, Nuraida and Haryanto, Agus and Herdiansyah, Asep and P., Ferdinand and Mukhlis, Mukhlis (2004) Pendidikan karakter dan pekerti bangsa (pelatihan bagi para pembina) modul 3. Deputi Bidang Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 979-99131-5-2

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan pendidikan karakter)
PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEKERTI BANGSA (PELATIHAN BAGI PARA PEMBINA).pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dan pekerti bangsa sesungguhnya merupakan suatu pemberian keterampilan hidup yang sama dengan pengembangan keterampilan hidup yang lainnya, bukan sesuatu yang sulit, sesuatu yang abstrak atau sesuatu yang kompleks. Selama ini dianggap demikian, dan ditelantarkan, tidak ada seseorang atau sebuah institusi pun yang peduli akan kegiatan ini. Masyarakat yang berkarakter dan berpekerti diperlukan bagi kesejahteraan kehidupan bangsa, dan kemajuan yang mulus dari perkembangan bangsa. Karakter dan pekerti yang dipunyai suatu bangsa diperlukan sebagai tuntunan hidup seseorang. Karakter dan pekerti yang match atau fit dengan tuntutan lingkungan hidup diperlukan bagi hidup seseorang agar adjustment-nya terhadap lingkungan baik. Seseorang yang adjustment-nya baik, akan mampu bertahan dalam kehidupannya (survive). Karakter dan pekerti yang bagaimanakah yang perlu dilatih? Adalah karakter dan pekerti yang utama diperlukan bagi survival seseorang dalam lingkungannya atau budayanya. Dicontohkan, dalam suatu suku bangsa yang hidup di dalam lingkungan yang keras dan kejam akan mendorong tumbuh dan berkembangnya karakter agresif misalnya, karena diperlukan bagi survival-nya suku tersebut.
Manusia mempunyai demensi fisikal mental, dan spiritual. Demensi mental meliputi intelek/kognitif, emosi, sosial, dan moral. Pembangunan mental dan spiritual saat ini timpang, penekanannya lebih cenderung kepada intelektual, segi-segi afektif kurang diperhatikan. Oleh karena itu saatnya sudah diperlukan suatu intervensi yang serius untuk percepatan pendidikan mental agar dapat menanggulangi ketimpangan dalam perkembangan mental dan moral bangsa.
Pendidikan itu berupa modul pelatihan yang berbentuk belajar yang terstruktur (structured learning). Modul pelatihan karakter dan pekerti ini khusus ditujukan bagi pendidik. Di dalam buku modul ini isinya terbagi dalam tiga bagian, yaitu:
1. Latar belakang teoritis tentang pendidik dan pendidikan, dan karakter dan pekerti bangsa
2. Hasil-hasil penelitian mengenai karakter dan pekerti yang ideal dan yang ada saat ini.
3. Modul pelatihan karakter dan pekerti bangsa

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Sekolah > Pendidikan Karakter
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:59
Last Modified: 21 Feb 2024 01:59
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30100

Actions (login required)

View Item View Item