Budhisantoso, S and Tobing, Nelly L and Aswan, Helmy (1991) Pemanfaatan air sungai pada masyarakat kota Palembang. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang pemanfaatan air sungai pada masyarakat kota Palembang)
PEMANFAATAN AIR SUNGAI PADA MASYRAKAT KOTA PALEMBANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (21MB) | Preview

Abstract

Dalam masa pembangunan dewasa ini, perluasan pemukiman di Kota Palembang tidak lagi menggantungkan pada faktor prasarana perhubungan sungai. Namun demikian, pemukiman penduduk yang tampak relatif padat berada di tepian sungai. Palembang sebagai kota Propinsi Sumatera Selatan seperti kota-kota besar lain di Indonesia tidak lepas dari masalah urbanisasi. Para urban inilah yang kebanyakan mengisi pemukiman tepian sungai, selain orang Palembang sendiri. Untuk mendirikan pemukiman di tepian sungai tidak lepas dari perizinan dari pemerintah daerah setempat.
Ruas Sungai Musi di Kota Palembang sekitar 20-an km. Ruas sungai ini merupakan induk sungai dari 76 sungai-sungai kecil yang mengalir di Kota Palembang. Pemukiman penduduk tepian sungai selain menyebar pada tepian ruas induk sungai juga pada tepian ke-76 anak sungai. Dengan sendirinya, perairan Sungai Musi dan anak-anak sungainya tetap merupakan prasarana perhubungan, di samping prasarana jalan darat, khususnya bagi pemukiman tepian sungai. Kesibukan transportasi di perairan sungai sudah tampak sejak pukul empat pagi hari. Perahu-perahu besar kecil baik tanpa maupun bermesin sudah lalu-lalang. Sarana angkutan sungai berbagai ukuran sarat dengan penumpang dan atau barang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:48
Last Modified: 28 Feb 2024 01:48
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot