Sunjata, Wahjudi Pantja and Astuti, Sri Retna and Sukari, Sukari (1996) Kupatan jalasutra: tradisi, makna, dan simboliknya. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KUPATAN JALASUTRA TRADISI MAKNA DAN SIMBOLIKNYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (17MB) | Preview

Abstract

Upacara Kupatan Jalasutra dilaksanakan dengan tujuan untuk mengucap syukur kepada Tuhan , hal ini disadari oleh masyarakat pendukungnya bahwa semua karunia di dunia ini tidak lepas dari Sang Pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa. Bahwa upacara Kupatan Jalasutra merupakan upacara yang dilakukan oleh para pendukungnya sebagai salah satu cara untuk menghormati leluhurnya.
Upacara Kupatan Jalasutra merupakan salah satu bentuk aset kekayaan budaya bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan karena fungsinya masih diperlukan oleh masyarakat pendukungnya. Dengan melaksanakan upacara ini kegotong-royongan diantara warga masyarakat semakin mantap. Begitu pula persatuan dan kesatuan diantara mereka juga semakin erat.
Upacara Kupatan Jalasutra secara tidak langsung merupakan faktor penertib dan kepatuhan yang dapat dipakai oleh masyarakat pendukungnya untuk lebih menyadari akan arti pentingnya ketertiban dan kepatuhan terhadap aturan-aturan yang ada di lingkungannya. Di dalam upacara Kupatan Jalasutra terdapat simbol-simbol yang merupakan gambaran akan nilai-nilai yang terkandung dalam upacara.
Upacara Kupatan Jalasutra , merupakan salah satu bentuk ungkapan budaya Jawa, perlu dipahami dan diinternalisasikan kepada generasi penerus agar mereka tidak lepas dari akar budaya bangsa. Upacara Kupatan Jalasutra merupakan salah satu bentuk ungkapan budaya, dapat dijadikan aset wisata budaya bagi pemerintah maupun masyarakat setempat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:37
Last Modified: 09 Jan 2024 02:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item