Masduki, Aam and Rosyadi, Rosyadi and Herlinawati, Lina and Adeng, Adeng and S., Yudi Putu and R., Enden Irma (2015) Kearifan lokal masyarakat Pangandaran dalam menghadapi bencana alam. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang kearifan lokal masyarakat Pangandaran dalam menghadapi bencana alam)
KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT PANGANDARAN DALAM MENGHADAPI BENCANA ALAM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana alam cukup besar. Mulai dari gelombang tsunami, tanah longsor, banjir hingga angin puting beliung. Pada tahun 2006 lalu, daerah tersebut pun pernah tersapu oleh gelombang tsunami yang mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia, ratusan rumah tinggal hancur luluh lantak.
Dengan potensi bencana yang cukup besar tersebut, diperlukan upaya penanggulangan, pencegahan, dan deteksi dini. Selain itu pula, kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan bahaya bencana pun perlu ditumbuhkan. Dalam khasanah pustaka pengurangan risiko bencana, ada empat argumen dasar yang mendukung pentingnya kearifan lokal. Pertama, berbagai praktik dan strategi spesifik masyarakat asli yang terkandung di dalam kearifan lokal, yang telah terbukti sangat berharga dalam menghadapi bencana-bencana alam, dapat ditransfer dan diadaptasi oleh komunitas-komunitas lain yang menghadapi situasi serupa.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Feb 2024 01:31
Last Modified: 16 Feb 2024 01:31
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29815

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot