Sugianto, Ida Bagus and Sudarma, I Wayan and Sanjaya, I Putu Kamasan (2017) Kajian naskah kuno tentang pengobatan tradisional di Bali. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badung. ISBN 9786027961203

[img]
Preview
Text
KAJIAN NASKAH KUNO TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DI BALI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (57MB) | Preview

Abstract

Pelestarian sistem pengobatan tradisional sangat perlu untuk dilakukan melihat berbagai pertimbangan yang bisa diambil dari nilai-nilai luhur yang digambarkan dalam lontar Usadha Lan Upakarane, di antaranya adalah:
- Penggunaan Lontar Usadha Lan Upakarane di Jembrana dilihat dari masyarakat pendukungnya adalah masyarakat multietnik. Keberadaan naskah ini didukung oleh masyarakat Hindu dan juga masyarakat muslim yang ada di Jembrana. Kenyataan ini memberikan gambaran bahwa nilai budaya data mempersatukan keragaman masyarakat dengan latar belakang etnis dan agama berbeda. Hal ini dapat meredam perkembangan isu saat ini yaitu merebaknya radikalisme dengan latar belakang fanatisme keagamaan.
- Perkembangan ilmu pengobatan tradisional saat ini mulai mendapat perhatian dari ilmu kedokteran modern. Banyak sekarang ini bahan-bahan obat diambil langsung dari tanaman atau unsur alam lainnya dan dikenal dengan nama pengobatan herbal. Hal ini secara langsung juga menuntut manusia untuk menjaga kelestarian alam, untuk dapat mengambil manfaat dari alam sebagai bahab untuk pengobatan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:32
Last Modified: 04 Jan 2024 02:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29792

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot