Maryetti, Maryetti and AR., Getri and Effendi, Irwan and Benni, Benni and B., Ermanely and Nelly, Nelly and Evamiyastrini, Evamiyastrini (1998) Integrasi nasional suatu pendekatan budaya daerah Sumatera Barat. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sumatera Barat, Padang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang integrasi nasional pendekatan budaya di daerah SumBar)
INTEGRASI NASIONAL SUATU PENDEKATAN BUDAYA DAERAH SUMBAR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (47MB) | Preview

Abstract

Dari kontak-kontak sosial antar suku bangsa yang terjadi secara intensif, dapat dicapai suatu keadaan yang integratif. Beberapa sarana seperti bahasa nasional (Indonesia), agama, nilai-nilai luhur budaya suku bangsa dan kesatuan kelompok (ekonomi) menjembatani hubungan antar suku-suku bangsa yang beraneka ragam tersebut sehingga integrasi nasional dapat tercapai.
Sarana yang ada itu sebenarnya sekaligus potensial untuk menimbulkan konflik antar suku bangsa. Namun potensi konflik tersebut dapat tidak muncul ke permukaan (walaupun tetap ada, dan sewaktu-waktu dapat termanifestasikan) karena adanya nilai budaya nasional (yang secara operasional terlihat dalam sila-sila Pancasila) yang kedudukannya lebih tinggi dari nilai budaya suku bangsa sehingga menjadi acuan dalam bersikap dan bertingkah laku.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Feb 2024 01:13
Last Modified: 13 Feb 2024 01:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot