Sulaiman, Nasruddin and Sufi, Rusdi and Rasyid, A. Hamid and Azizah, Azizah (1994) Peralatan pertanian masyarakat Aceh. Seri Penerbitan Museum Negeri Propinsi Daerah Istimewa Aceh 30 . Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Daerah Istimewa Aceh, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
PERALATAN PERTANIAN MASYARAKAT ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (15MB) | Preview

Abstract

Propinsi Daerah Istimewa Aceh merupakan lingkungan yang bersifat agraris. Dengan demikian mata pencaharian utama masyarakatnya tentu juga dibidang agraris, yaitu sektor pertanian. Untuk keperluan dalam hubungannya dengan pertanian ini, masyarakat memerlukan sejumlah peralatan baik yang bersifat tradisional maupun yang modem. Adapun yang dimaksud dengan peralatan pertanian itu adalah seperangkat alat yang digunakan oleh sekelompok rnasyarakat yang merupakan bagian dari sistem teknologi yang mereka miliki menurut konsepsi kebudayaannya.

Berbagai macam peralatan yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk peralatan dalam bidang pertanian merupakan warisan budaya bangsa. Warisan budaya bangsa ini perlu dikaji, diinventarisir dan dideskripsikan. Berbagai warisan budaya, tem1asuk peralatan pertanian yang telah dijadikan sebagai benda-benda koleksi museum, dapat dimanfaatkan oleh kalangan akademis untuk dikaji atau diteliti dalam usaha mendapatkan informasi tentang keberadaan, fungsi peranan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Informasi itu berguna untuk membina kesadaran, membangkitkan minat dan merangsang kreatifitas, inovatif masyarakat di bidang kebudayaan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:19
Last Modified: 09 Jan 2024 02:19
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29682

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot