Agustrisno, Agustrisno and Siregar, Indira Ganis and Rachman, Abdul and Tanjung, Syaiful A. (1995) Dampak globalisasi informasi dan komunikasi terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat di daerah Sumatera Utara. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Medan.

[img]
Preview
Text
DAMPAK GLOBALISASI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP MASYARAKAT SUMUT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (35MB) | Preview

Abstract

Globalisasi arus informasi dan komunikasi memang melanda dunia tidak terkecuali di daerah kelurahan Tanjung Mulia Hilir ini sebagai daerah penelitian. Arus globalisasi ini masuk pada berbagai bi dang kehidupan sehingga secara perlahan-lahan menggeser pola-pola yang ada maupun perubahan-perubahan dalam bidang sosial, budaya bahkan teknologi.
Media yang sangat berpengaruh dalam menerima informasi dari luar adalah televisi serta parabola, iklan pesan maupun edukasi dari siaran-siaran televisi sangat berpengaruh pula pada persepsi dan perubahan masyarakat.
Globalisasi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang besar dalam mendukung modernisasi dan pengembangan masyarakat. Walaupun hal tersebut diperlukan penyaringan serta seleksi terhadap proses ini. Seperti dalam konteks penelitian ini dampak negatif dari proses ini tidak begitu menonjol namun efek-efek negatif tentu saja ada dan perkembangannya itu yang harus ditekan .
Globalisasi informasi dan komunikasi memang sudah masuk pada semua daerah di dunia ini, namun dalam konteks penelitian ini masih sangat perlu pendewasaan pada semua aspek kehidupan sehingga identitas bangsa, agama, sosial, budaya tetap terjaga dan eksis.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:26
Last Modified: 27 Nov 2023 02:26
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29645

Actions (login required)

View Item View Item