Lolombulan, AS. and Sondakh, A.M. and Ulaen, H.J. (1986) Monumen perjuangan di provinsi Sulawesi Utara. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional, Jakarta.

[img]
Preview
Text
MONUMEN PERJUANGAN DI PROVINSI SULAWESI UTARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (38MB) | Preview

Abstract

Monumen merupakan benda ataupun bangunan yang mengandung nilai sejarah. Monumen sengaja dibuat untuk tanda atau bukti yang berkaitan dengan sesuatu peristiwa penting kesejarahan. Berbagai bangsa di dunia telah membangun monumen baik besar maupun kecil, megah maupun sederhana dengan tujuan membuat tanda pada peristiwa kesejarahan yang patut untuk dikenang, dan juga sebagai tanda untuk berterima kasih kepada tokoh-tokoh ataupun pendukung peristiwa bersejarah yang mempunyai arti besar bagi eksi.Stensi hidup bangsa itu.

Demikian pula bangsa Indonesia telah mern bangun banyak monumen sejak zaman yang lampau hingga zaman muta�khir. Di berbagai daerah di Indonesia dapat kita saksikan berbagai monumen berdiri megah baik yang dibangun oleh nenek moyang kita pada abad-abad yang lampau, maupun bangunan-bangunan yang belum lama didirikan, baik yang dibangun atas swadaya masyarakat maupun yang dibangun oleh pemerintah.

Sekalipun monumen itu biasanya merupakan benda mati yang berbentuk bangunan, misalnya berupa tugu, namun nilai spiritual dari bangunan itu akan terus hidup. Monumen dapat memberi ingatan dan kenangan secara berangkai dari masa yang telah lampau kepada kita dewasa ini dan dapat pula menceritakan peristiwa yang telah lampau kepada generasi berikutnya.

Kita akan memperoleh kenangan dan inspirasi dari suatu monumen apabila kita mengerti akan makna ataupun nilai kesejarahan yang terkandung di dalamnya. Latar belakang kesejarahan yang menjadi dasar dari monumen itu harus diketahui, barulah kita dapat mengambil manfaat dari monumen itu. Karena itu cerita sejarah dari monumen itu perlu dipelihara un�tuk menjaga nilai otentisitasnya. Dalam rangka itulah Direktorat Sejatah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Proyek IDSN mengadakan inventarisasi, terutama mengenai cerita sejarah yang melatarbelakangi tiap monumen. Kisah sejarah yang menjadi bagian monunien itulah yang terutama menjadi obyek pencatatan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:41
Last Modified: 16 Jan 2024 02:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29557

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot