Sucipto, Toto and Rosyadi, Rosyadi and Masduki, Aam and Rachmawaty, Enden Irma and Supriatna, Endang and Heryana, Agus (2004) Tingkat kesejahteraan keluarga nelayan: studi tentang tantangan, kendala dan peluang keluarga nelayan untuk melepaskan diri dari belenggu kemiskinannya. Proyek Pemanfaatan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Bandung.

[img]
Preview
Text
TNGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA NELAYAN STUDI TENTANG....pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (50MB) | Preview

Abstract

Masyarakat nelayan adalah masyarakat yang penghidupannya bergantung pada kemurahan laut. Oleh karena itu, pemukiman mereka berada di sekitar pantai dan atau muara. Pengetahuan mereka terhadap gejala-gejala alam, termasuk perbintangan tidak dapat diragukan. Mereka ahli dalam hal itu, sehingga tahu persis kapan dan dimana harus melaut. Sungguh pun demikian, hasil mereka yang bawa pulang seringkali pas-pasan (kalau tidak dapat dikatakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya). lni tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain semakin terbelitnya utang terhadap majikan (tauke), sehingga mereka menjadi tidak berdaya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang "mengidentikkan" dengan kemiskinan. lni bermakna bahwa
kesejahteraan mereka perlu dipulihkan. Penelitian ini pada
dasarnya bertujuan unutuk memberdayakan mereka dengan melihat tantangan, kendala dan peluang dalam meningkatkan taraf hidup mereka, sehingga terlepas dari belenggu kemiskinan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:13
Last Modified: 25 Jan 2024 04:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item View Item