Indiyanto, Agus and Nurhajarini, Dwi Ratna and Salamun, Salamun and Munawaroh, Siti and Sari, Gilang Permata and Nurdiansyah, Rakhmat and Yudhayanto, Bimo Haryo (2012) Revitalisasi ritual adat dalam rangka ketahanan budaya lokal : kasus ritual nyanggring di Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
REVITALISASI RITUAL ADAT DALAM RANGKA KETAHANAN BUDAYA...LAMONGAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (47MB) | Preview

Abstract

Buku ini mengungkap nilai-nilai budaya lokal yang dapat digunakan untuk membangun fondasi ketahanan budaya. Interaksi dengan masyarakat dan budaya global adalah hal yang tidak mungkin dapat dihindari oleh semua masyarakat, bahkan terhadap masyarakat yang paling terisolir. Sejalan dengan keterlibatan dalam masyarakat global tersebut, orang
pun diperkenalkan pada nilai-nilai baru yang melekat pada penggunaan produk teknologi baru. Introduksi nilai baru ini tidak jarang kemudian memunculkan konflik-konflik, dan dalam banyak kasus menyebabkan tergusurnya nilai-nilai lama komunitas. Adat lama yang sebenarnya memiliki akar yang kuat dalam kehidupan komunitas mulai dipertanyakan baik fungsi maupun esensinya, ketika praktik-praktik tersebut tidak sesuai dengan munculnya tuntutan-tuntutan baru dalam kehidupan sebagai akibat dari adopsi teknologi baru.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:08
Last Modified: 09 Jan 2024 03:08
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29212

Actions (login required)

View Item View Item