Wacana, Lalu and Widiani, B Titiek and Yamin, Mohamad (1995) Pembinaan disiplin di lingkungan masyarakat kota di daerah Nusa Tenggara Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Mataram.

[img]
Preview
Text
PEMBINAAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA DI DAERAH NTB.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (49MB) | Preview

Abstract

Usaha pembinaan disiplin masyarakat kota, khususnya masyarakat kota Ampenan Utara oleh Pemerintah Daerah Lombok Barat sudah dimulai sejak tahun 1974, dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1974 yang disempurnakan dengan Perda Nomor 6 Tahun 1985 tentang kebersihan sebagai dasar hukumnya. Pelaksanaan diawali dengan penyuluhan melalui jalur formal dan non formal. Para pemimpin agama dan para da'i dimintai bantuan mereka memasukkan masalah kebersihan pada setiap kesempatan memberikan pengajian dan khotbah di masjid-masjid.
Kegiatan penyuluhan diikuti dengan himbauan, instruksi dan perbuatan nyata. Masyarakat dikerahkan bergotong royong membersihkan tempat-tempat ibadah, jalan dan selokan kampung. Perlombaan kebersihan pada tingkat kelurahan dan kecamatan diselenggarakan hampir setiap tahun. Beberapa kampung dibuatkan MCK dan lorong-lorong kampung dirabat dengan bantuan biaya dari Pemerintah.
Semua penghasil sampah dihimbau memusnahkan sampah-sampahnya masing-masing atau menimbunnya di TPS sebelum diangkut petugas kebersihan ketempat penimbunan "akhir (TPA). Bagi mereka yang mempergunakan jasa TPS dikenai retrebusi yang besamya ditentukan oleh Bupati.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Penanganan limbah, sampah, kegiatan sosial, Hubungan tetangga, pasar, terminal, tempat hiburan, jalan raya, pemerintah, tokoh masyarakat
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:46
Last Modified: 22 Jan 2024 02:46
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot