Effendi, M.A. and Sabrin, Amrin and Usman, Amril (1989) Pakaian adat tradisional daerah Riau. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya, Tanjung Pinang.

[img]
Preview
Text
PAKAIAN ADAT TRADISIONAL DAERAH RIAU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (42MB) | Preview

Abstract

Pakaian adat tradisional daerah Riau adalah pakaian yang sudah dipakai secara turun temurun, merupakan salah satu identitas dan dapat dibanggakan oleh sebagian besar pendukung kebudayaan di daerah Riau ini. Berkenaan dengan usaha pemahaman unsur kebudayaan pakaian adat tradisional daerah Riau, maka penelitian dan pengkajian mutlak diperlukan sekali. Penelitian dan pengkajian ini berusaha menginventarisasi dan mendokumentasi berbagai pakaian adat tradisional dari semua etnik di propinsi Riau, termasuk juga sub etnik yang memiliki ciri-ciri khas serta bervariasi dalam hal pakaian, perhiasan serta peralatan dan perlengkapan tradisional yang penampilannya nampak berbeda dari etnik induknya.
Pelaksanaan inventarisasi dan dokumentasi ini untuk menjaring informasi berupa; siapa-siapa yang memakai pakaian adat tradisional tersebut . Kemudian bagaimana pula keadaan lingkungan alamnya, sosialnya serta kebudayaannya sekali. Apa-apa saja yang dipakai, serta mengapa yang itu dipakai. Hal ini sudah tentu menyangkut dengan aturan-aturan adat untuk si pemakai. Kemudian apa pula makna dan kiasan·.dari pada aturan itu ditinjau dari budaya lokal, serta apa usaha untuk melestarikan keadaan ini, yang akan diwariskan kepada generasi kini dan yang akan datang. Terakhir barulah diperoleh, bagaimana sikap dan penghargaan lingkungan sosial terhadap penggunaan pakaian adat tradisional ini beserta perhiasan dan peralatan lainnya baik untuk diterapkan kepada seluruh lapisan masyarakat, karena hal ini bukanlah hal baru tetapi sudah ada semenjak dahulu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Pakaian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:14
Last Modified: 08 Jan 2024 04:14
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item View Item