Sutopo, Marsis, dkk (2012) Modul pelatihan tenaga teknis konservasi tingkat menengah 2012. Balai Konservasi Borobudur, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Magelang.

[img]
Preview
Text
MODUL PELATIHAN TENAGA TEKNIS KONSERVASI TINGKAT MENENGAH 2012.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (44MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki cagar budaya berbahan dasar kayu yang sangat kaya dan beragam. Ada yang dalam bentuk bangunan arsitektur vernakular yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, baik polos maupun bercat, ada pula yang berbentuk koleksi museum. Di samping itu, juga ada yang masih dalam
bentuk tinggalan arkeologi bawah air dalam bentuk kapal-kapal tenggelam (shipwreck). Keberadaan cagar budaya tersebut mencerminkan kearifan lokal dari masyarakat pendukungnya yang pada umumnya bernilai tinggi, dan penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Oleh karena itu, pemeliharaan baik dalam bentuk konservasi secara preventif maupun konservasi kuratif dinilai perlu dalam rangka menjaga kondisi eksisting cagar budaya tersebut agar dapat diteruskan kepada generasi mendatang dalam keadaan terawat secara baik.
Karena kondisi lingkungan yang beriklim tropis lembab, pada umumnya kondisinya sudah mengalami degradasi baik dalam bentuk kerusakan maupun pelapukan. Tingkat degradasi tersebut sangat tergantung dari jenis dan kualitas kayu yang digunakan dan faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh. Oleh karena itu, masyarakat pemilik dan/atau yang menguasai selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan cagar budaya yang dimilikinya dengan cara perawatan secara tradisional yang dilakukan secara turun temurun. Pada dasarnya penanganan konservasi berbahan dasar kayu dilakukan dengan mengacu pada prinsip intervensi seminimum mungkin. Dalam arti bahwa jika tidak ada masalah hanya dilakukan secara sederhana. Penanganan konservasi dengan menggunakan bahan kimia dilakukan atas dasar pertimbangan apabila secara teknis tidak mungkin lagi dilakukan secara tradisional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Candi
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Balai Konservasi Borobudur
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:25
Last Modified: 05 Jan 2024 06:25
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28819

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot