Makmur, Erman and Boestami, Boestami and M., Moechtar and Anwar, Zaiful (1983) Alat musik tradisional Minangkabau. Proyek Pengembangan Permuseuman Sumatera Barat, Padang.

[img]
Preview
Text
ALAT MUSIK TRADISIONAL MINANGKABAU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER DEPAN ALAT MUSIK TRADISIONAL MINANGKABAU.1.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adapun obyek penelitian ini adalah koleksi alat alat musik tradisional Minangkabau yang telah berhasil dikumpulkan dan menjadi milik Museum Negeri Adityawarman Sumatera Barat. Dimaksud dengan alat musik tradisional di sini adalah segala jenis peralatan atau instrumen yang dipergunakan dalam kesenian musik daerah setempat. Alat musik tersebut dibuat dan dibentuk secara tradisional dengan bahan yang disediakan alam sekitar seperti kayu, talang (bambu), logam, tanduk, kulit hewan, dan sebagainya.
Sebagai bagian dari keseian, maka seni musik berperan penting sebagai media dalam usaha pencapaian keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kehidupan lahiriah dan kepuasan batiniah. Melalui sarana kesenian ini dapat ditumbuhkan dan dikembangkan rasa indah atau cinta keindahan dalam menghaluskan perasaan manusia. Di pihak lain akan menimbulkan budi pekerti luhur dalam keseluruhan kehidupan manusia. Jadi sebagai hiburan, seni musik ini dapat mengemban misi moral/etika, mendidik serta sarana dakwah.
Sedangkan ruang lingkup penelitian ini dititik beratkan pada alat musik tradisional Mingkabau yang dimainkan dengan cara tiupan, pukulan, gesekan dan petikan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Alat Musik Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:46
Last Modified: 14 Jul 2023 06:46
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot