Hadijah, Siti (1998) Tempat tidur pengantin Banjar. Museum Negeri Propinsi Kalimantan Selatan Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

[img]
Preview
Text
TEMPAT TIDUR PENGANTIN BANJAR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (15MB) | Preview

Abstract

Salah satu tradisi di Kalimantan Selatan adalah Upacara Perkawinan adat Banjar, yang dalam pelaksanaannya terdapat beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya kegiatan pada hari perkawinan. Pada hari perkawinan yang menjadi pusat perhatian selain kedua mempelai adalah Penataian (tempat bersanding) dan Pengalambuan (kamar pengantin).
Sekarang ini khususnya masyarakat perkotaan lebih menyesuaikan dengan perkembangan zaman, mereka menata kamar pengantin dengan perangkat modern mungkin dianggap lebih praktis. Dulu tempat tidur pengantin Banjar sangat unik, sekarang hanya daerah-daerah tertentu yang masih memakai seperti Kecamatan Cempaka dan Martapura, itupun istilah orang Banjar masih bisa dihitung dengan jari. Melihat kondisi demikian nanti pada suatu saat khususnya generasi muda kita tidak akan pernah menyaksikan lagi. Usaha-usaha penyelamatan dapat dilakukan melalui penelitian, pendokumentasian dan penulisan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:27
Last Modified: 18 Jan 2024 04:27
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot