Izarwisma, Izarwisma, ed. (1989) Tata kelakuan keluarga di lingkungan pergaulan dan masyarakat setempat daerah Sulawesi Tengah. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img] Text
Tata Kelakuan Keluarga di Lingkungan Pergaulan dan Masyarakat SulTeng.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (85MB)

Abstract

Dari uraian-uraian yang telah dikemukakan di buku ini, maka dapatlah ditarik kesimpulan bahwa dalam suku bangsa Kaili yang wilayahnya berada di Propinsi Sulawesi Tengah dan merupakan mayoritas pendukungnya di Sulawesi Tengah dibandingkan suku-suku bangsa yang ada di Propinsi Sulawesi Tengah.
Nilai-nilai budaya yang dapat dipetik dari suku bangsa Kaili diperkirakan besar peranannya dalam menegakkan disiplin nasional. Disiplin Nasional pada dasarnya dapat diartikan sebagai tingkah laku yang berpola, yang diatur oleh aturan-aturan yang ketat, berdasarkan nilai budaya bangsa, yang diperlakukan setiap individu baik dalam interaksi antar individu maupun dengan kesatuan sosial yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu disiplin nasional diatur oleh aturan-aturan yang bersifat nasional untuk mencapai tujuan nasional.
Dalam mencapai tujuan nasional itu, nilai-nilai budaya yang berasal dari suku bangsa Kaili seperti terurai di atas misalnya : Kesetiakawanan nasional, sikap mental tenggang rasa, bekerja keras, hemat dan prasaja, cermat, tertib, rasa pengabdian, jujur dan kewiraan sebenarnya sudah lama terikat dalam pergaulan masyarakat Kaili, namun mengembangkan nilai-nilai budaya tersebut perlu memerlukan waktu yang agak lama, mengingat sekarang masyarakat Kaili sedang mencari identitasnya dalam pembangunan nasional.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:50
Last Modified: 18 Jan 2024 03:50
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27708

Actions (login required)

View Item View Item