Nawawi, Ramli and Saleh, M. Idwar and Usman, A. Gazali (1992) Sejarah pendidikan daerah Kalimantan Selatan. Proyek Penelitian, Pengkajian, dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Banjarmasin.

[img] Text
Sejarah Pendidikan Daerah Kalimantan Selatan.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (44MB)

Abstract

Sewaktu agama Hindu dan Budha berkembang di pulau Jawa, norma-norma agama tersebut sampai pula ke Kalimantan Selatan. Ada situs-situs bangunan dan benda-benda temuan yang menunjukkan tentang masuknya ajaran Hindu-Budha ke daerah ini. Walaupun tidak ada data-data yang menggambarkan secara khusus bagaimana cara berkembangnya norma-norma tersebut di masyarakat Kalimantan Selatan, namun dari kehidupan rakyat "Suku Banjar" yang pada umumnya beragama Islam itu, sampai sekarang masih terdapat tradisi-tradisi yang bersumber dari ajaran Hindu atau Budha.
Masuknya agama Islam pada awal abad ke 16 ke Kalimantan Selatan, dan dengan berislamnya Sultan Banjar pertama yang bernama Sultan Suriansyah, perkembangan Islam di daerah itu mengalami kemajuan yang pesat. Puncak perkembangan Islam tersebut berlangsung pada abad ke 18, ketika itu hidup seorang Ulama Besar bernama Syekh Muhammad Arsyad. Dengan sistem pengajian yang dikembangkannya di kampung Dalam Pagar Martapura, akhirnya bermunculanlah ulama-ulama muda yang berhasil mewarisi ilmu Ulama Besar tersebut. Mereka itulah yang kemudian yang menjadi penyebar ajaran-ajaran Islam ke pelosok-pelosok daerah di Kalimantan Selatan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:10
Last Modified: 22 Dec 2023 04:10
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27636

Actions (login required)

View Item View Item