Akmad, Zakaria and Ibrahim, Muhammad and Sufi, Rusdi and Sulaiman, Nasrudin and Sulaiman, Isa and Z., M. Thamrin and Alfian, T. Ibrahim (1984) Sejarah pendidikan Daerah Istimewa Aceh. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img] Text
Sejarah Pendidikan Daerah Istimewa Aceh.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (54MB)

Abstract

Pada buku ini telah dikemukakan suatu uraian mengenai berbagai masalah yang bertalian dengan sejarah pendidikan di Daerah Istimewa Aceh, berdasarkan hasil penelitian kepustakaan dan lapangan yang meliputi daerah-daerah Tingkat II (kabupaten) di seluruh Aceh. Dalam bab pertama diuraikan mengenai latar budaya masyarakat Aceh serta garis besar perkembangan pendidikan sejak zaman pra-sejarah sampai dengan zaman kemerdekaan. Uraian secara lebih mendetail mengenai pokok-pokok yang telah disebutkan dalam bab pendahuluan itu dikemukakan dalam bab-bab berikutnya, yakni: bab kedua mengenai pendidikan sebelum dan sesudah kedatangan Islam ; bab tiga tentang pendidikan pada zaman penjajahan kolonial Belanda dan pendidikan masa pergerakan nasional ; dan bab keempat deskripsi mengenai pendidikan pada zaman Jepang dan Kemerdekaan.
Pendidikan informal dan besar kemungkinan juga pendidikan non-formal telah berlangsung di daerah Aceh sejak zaman pra-sejarah sejalan dengan pembentukan aneka ragam budaya etnis di sana. Diperkirakan tidak mustahil pada waktu itu telah terbentuk kelompok-kelompok belajar secara tidak berkala dalam rangka belajar berbagai keterampilan di bidang pertukangan, seperti cara-cara membuat rumah panggung dan perahu-perahu besar untuk mengarungi lautan luas. Pendidikan non-formal di sini tentu dimaksudkan dalam bentuk yang sangat sederhana: tidak dalam ruangan-ruangan khusus yang disediakan, tetapi mungkin di bawah pohon-pohon besar atau tempat-tempat lain yang memungkinkan untuk belajar beberapa saat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Pendidikan Masyarakat
Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:57
Last Modified: 22 Dec 2023 03:57
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27626

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot