Galba, Sindu and Adonis, F.X Tito (1991) Peranan pengobatan tradisional dalam menunjang kesehatan masyarakat. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img] Text
Peranan Pengobatan Tradisional Dalam Menunjang Kesehatan Masyarakat.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (26MB)

Abstract

Mengingat belum populernya Madura sebagai sasaran studi, baik untuk maksud keilmuan maupun untuk maksud terapan , maka tujuan dari penulisan laporan ini adalah menyumbangkan sebagai penambah literatur studi mengenai Madura, khususnya mengenai sistem pengobatan yang terdapat di pulau Madura. Diharapkan dalam studi ini dapat dipakai sebagai pedoman untuk penelitian eksplanatori yang berkaitan dengan sistem pengobatan di masa yang akan datang.
Masalah yang dibahas dalam laporan ini adalah mengenai sikap dan pandangan orang Madura terhadap sakit, sumber-sumber penyakit dan cara-cara pengobatannya. Berdasarkan penekanan masalah tersebut, maka ruang lingkup masalahnya adalah (1) bagaimana sikap dan pandangan orang Madura terhadap sakit, khususnya pengertian mengenai konsep sakit, (2) bagaimana sikap dan pandangan orang Madura terhadap sumber-sumber penyakit, termasuk di dalamnya adalah pengkategorian jenis-jenis penyakit. dan (3) bagaimana sikap dan pandangan orang Madura terhadap cara-cara pengobatannya, termasuk di dalamnya adalah konsekuensi logis antara pengkategorian sumber penyakit dan cara penyembuhannya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Madura
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:02
Last Modified: 03 Jan 2024 03:02
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27546

Actions (login required)

View Item View Item