UNSPECIFIED, ed. (2014) Pameran besar senirupa Indonesia 2014: manifesto no. 4 keseharian. Manifesto . Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

[img] Text
PAMERAN BESAR SENIRUPA INDONESIA MANIFESTO KESEHARIAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (60MB)

Abstract

Buku ini berisikan mengenai pameran MANIFESTO ke-empat dengan judul 'KESEHARIAN' ini adalah sebuah kesempatan yang khusus ditujukan kepada inisiatif dan penjelajahan estetik yang dilakukan oleh para seniman generasi muda di Indonesia. Pameran ini di ikuti ± 79 karya yakni terdiri dari karya 5 perupa sebagai commission artists dan selebihnya adalah karya para perupa generasi muda Indonesia yang menunjukkan konsistensi sikap berkarya dan proyeksi pengembangan diri yang memenuhi syarat untuk dipilih sebagai peserta pameran oleh Tim Kurator Pameran. Mereka menampilkan berbagai bentuk, media, teknik dan ekspresi seperti Lukisan, Patung, Kriya, Seni Cetak, Fotofrafi, Video Art, Object, dan Seni lnstalasi.
Penyelenggaraan Pameran Besar Seni Rupa Indonesia yang lebih dikenal sebagai Pameran MANIFESTO pada tahun ini adalah yang ke-empat kalinya. Pameran MANIFESTO yang pertama diikuti oleh 350 karya dari para seniman di Indonesia, diselenggarakan pada tahun 2008 dalam rangka menyambut peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional Indonesia. Kegiatan pameran MANIFESTO kemudian diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun sekali hingga penyelenggaraannya pada tahun ini. Pameran MANIFESTO yang kedua berjudul "Percakapan Masa" (2010) sedangkan kegiatan yang ketiga berjudul "ORDE dan KONFLIK" (2012). Meski tidak dinyatakan sebagai suatu pameran bienal seni rupa, namun MANIFESTO yang diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia pada dasarnya adalah pameran dua tahunan (biennale) yang menunjukkan berbagai gejala dan tanda penting dalam perkembangan seni rupa Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni pertunjukkan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > Galeri Nasional Indonesia
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 26 Jun 2023 13:03
Last Modified: 26 Jun 2023 13:04
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27237

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot