Muljono, Muljono (1981) Dr. Muwardi. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img] Text
Dr. Muwardi.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB)

Abstract

Bersama dengan pemuda-pemuda lainnya, Dr. Muwardi adalah anak samannya, yang tabu menjawab tantangan dan panggilan bangsanya waktu itu Dr. Muwardi dibesarkan di zaman akhir penjajahan pemerintahan Belanda di Indonesia. Ia termasuk pemuda yang mengenyam pendidikan Barat yang ditawarkan oleh pemerintah kolonial, justru untuk memperkuat sistem penjajahan itu sendiri, tetapi berkat adanya semangat cinta tanah air dan cinta bangsa, yang sudah disematkan oleh kedua orang tuanya dan lingkungannya, maka Dr. Muwardi justru tumbuh menjadi seorang pemuda dan pejuang yang menduduki tempat pimpinan dalam perjuangan menentang penjajahan, kemudian menegakkan dan mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsanya.
Sejak masa mudanya Dr. Muwardi telah memperoleh kewajiban dan tanggung jawab sebagai pemimpin sejati. Ia memimpin kegiatan kepanduan di lapangan. Menumbuhkan dan membinanya sehingga menjadi barisan yang tangguh, kompak dan membanggakan. Ia memimpin Barisan Pelopor pada saman pendudukan Jepang yang ikut menjadi andalan bagi tegaknya Republik Indonesia pada masa awal berdirinya. Ia bahkan pernah ditawari dan dipercayai untuk memimpin pertahanan dan keamanan Republik Indonesia sebagai menteri Pertahanan, tetapi karena adanya jiwa besar yang bersemayam di lubuk hatinya, maka tawaran itu ditolaknya.
Di dalam diri Dr. Muwardi bersemayam jiwa kepahlawanan. Suatu jiwa yang manunggal antara kata dan perbuatan. Dengan bukti yang nyata Dr. Muwardi telah menunjukkan sebagai seseorang yang pada masa hidupnya, karena terdorong oleh rasa cinta tanah air, telah sangat berjasa dalam memimpin suatu kegiatan yang teratur guna menentang pejajahan di Indonesia, dalam melawan musuh dari luar negeri.
Sebagai manusia mahluk . Tuhan, maka apabila ditinjau dari nilai-nilai pandangan hidup bangsa Indonesia, maka pada diri Dr. Muwardi nilai-nilai itu sungguh kuat. Dr. Muwardi bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai jiwa perikemanusiaan yang tinggi, memperjuangkan persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan dan mencintai keadilan sosial.
Dr. Muwardi telah tiada, tetapi jiwa semangat dan cita-citanya tidak padam. Pada diri Dr. Muwardi bangsa Indonesia telah berhutang budi. Hidup perjuangan dan pengabdiannya menjadi suri tauladan bagi kita semua. Kita berdoa. mudah-mudahan arwah Dr. Muwardi, Pahlawan Nasional Bangsa Indonesia berada di sisi Allah Subhanahuwataalla dalam kedamaian yang abadi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Tokoh Nasional
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:33
Last Modified: 19 Dec 2023 06:33
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item View Item