Rachmiati, Mia and Hermana, Apip and Haryono, Haryono (2018) Model pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan. [Teaching Resource]

[img] Text
Model 2018-Model Humas.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (44MB)

Abstract

Model pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan disusun sebagai panduan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan kursus bidang kehumasan dalam jaringan berbasis MOOC, sebagai lanjutan dari model penyelenggaraan
kursus daring bidang kehumasan yang telah dikembangkan sebelumnya.
Pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan merupakan pembelajaran mandiri, karena peserta didik harus aktif mempelajari berbagai bahan ajar berupa bacaan dan video pembelajaran yang dapat diunduh di laman kehumasan yang disiapkan pengelola serta mengikuti vicon yang diselenggarakan untuk setiap materi. Pada vicon, peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan instruktur melalui aplikasi WebEx,berupa mendengarkan pemaparan instruktur secara langsung, dan kemudian bertanya jawab baik secara lisan maupun melalui kolom chat. Tanggung jawab yang tinggi dari peserta didik juga dibutuhkan untuk penyelesaian tugas-tugas yang diberikan.
Ujicoba konseptual model ini dilaksanakan di LKP SAE Cipta Mandiri Kabupaten Bandung Barat, sementara ujicoba operasional bertempat di LKP GIMB Kota Bandung dan
LP3I Kota Bandung. Rancangan penelitian dan pengembangan terdiri dari studi pendahuluan, validasi konseptual dan ujicoba model. Sementara metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu 4 tahap yaitu tahap pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate).
Dari hasil studi pendahuluan, dapat disimpulkan bahwa terdapat kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi kehumasan, terutama bagi peserta didik kursus humas dalam jaringan tahun sebelumnya maupun mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja sebagai humas. Selain itu tersedia pengelola maupun instruktur yang sudah siap dilibatkan dalam
proses ujicoba.
Sementara hasil validasi model konseptual adalah penilaian terhadap aspek materi, aspek bahan bacaan dan aspek media pembelajaran dari model pembelajaran kursus bidang
kehumasan lanjutan dalam jaringan. Berdasarkan penilaian dari validator yang dilakukan, model pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan telah memenuhi
kriteria layak, dengan total skor rata-rata 3,67 (nilai A) dengan kategori sangat baik.
Untuk hasil ujicoba lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut. Pada peningkatan hasil belajar, rata-rata nilai pretest sebesar 50,00 dan rata-rata nilai post-test 82,50.
Berdasarkan rata-rata nilai pretest dan nilai post-test didapatkan peningkatan nilai kognitif sebesar 0,65. Nilai peningkatan tersebut masuk dalam kategori sedang. Sementara untuk respon peserta didik terhadap model, diperoleh rata-rata skor aspek materi sebesar 3,29, aspek bahan bacaan sebesar 3,09 dan aspek media pembelajaran 3,16. Dan rata-rata skor total respon peserta didik terhadap pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan adalah senilai 3,18 (A). Skor ini termasuk pada kategori “Sangat Baik”. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran kursus bidang kehumasan lanjutan dalam jaringan
layak digunakan lebih luas.

Item Type: Teaching Resource
Additional Information: Terdiri dari bahan sertaan sebagai berikut: 1. Membuat perencanaan program kehumasan 2. Melaksanakan progarm kehumasan 3. Membuat laporan program kehumasan 4. Melaksanaan ajang khusus 5. Melaksanakan aktivitas protokoler 6. Melaksanakan peran/fungsi moderator 7. Menjalin hubungan dengan media 8. Melaksanakan kegiatan seminar, konferensi atau lokakarya 9. Mengelola konferensi pers dan siaran pers 10. Membuat publikasi institusi 11. Melaksanakan master of ceremony 12. Membuat materi ringkasan (briefing material) 13. Monitoring media 14. Membuat naskah pidato 15. Merencanakan penggunaan teknologi informasi di bagian humas 16. Melakukan pertukaran informasi lisan dan tulisan dalam bahasa inggris 17. Menyeleksi proposoal sponsorship 18. Menyelenggarakan digital public relations
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Modul Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Nonformal dan Informal > Kursus dan Pelatihan
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat
Depositing User: Mrs Sofi Suwaris
Date Deposited: 27 May 2022 06:16
Last Modified: 27 May 2022 06:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25546

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot