Darwangsa, Haksan and Musriati, Musriati and Atmini, Dwi and Inniyah, Sitti and Mulyono, Mulyono and Waswat, Waswat (2019) Borneo, jurnal ilmu pendidikan LPMP Kalimantan Timur, edisi khusus, volume XIII, N. 33, Maret 2019. LPMP Kalimantan Timur, Samarinda. ISBN 1858-3105

[img] Text
58. Khusus Nomor 33 Maret 2019.pdf
Copyright All Rights Reserved

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meremediasi
miskonsepsi atau kesalahan konsep pada guru-guru IPA SMP.
Kesalahan konsep guru IPA dapat terjadi karena guru IPA tidak
menguasai konsep yang benar atau menguasai konsep secara baik
tetapi keliru menjelaskannya. Kesalahan-kesalahan konsep pada guru
perlu segera dibantu untuk mengkonstruksi atau membangun konsep�konsep baru yang lebih sesuai dengan konsep-konsep ilmiah sehingga
tidak menyebarkan kesalahan-kesalahan tersebut ke siswanya.
Terdapat 69% dari 29 konsep kelistrikan yang teridentifikasi
miskonsepsi melalui tes dan wawancara. Kesalahan-kesalahan konsep
guru IPA yang teridentifikasi tersebut diperbaiki atau dibantu belajar
kembali melalui proses pembelajaran berbasis simulasi. Proses
pembelajaran berbasis simulasi tersebut dapat menumbuhkan sikap
positif pada guru IPA serta cukup termotivasi untuk belajar
memperbaiki kesalahan-kesalahannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan > Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:36
Last Modified: 07 Jul 2022 04:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item