Handayani, Meni and Ulummudin, Ikhya and Perdana, Novrian Satria and Aisha, Asma (2021) Risalah Kebijakan Nomor 10, Juli 2021 : mempersiapkan sekolah menggadami Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Manual. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta.

[img] Text
Risalah Kebijakan_Puslitjak_No. 10, Juli 2021_Kesiapan Sekolah Menghadapi AKM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengikuti uji coba AKM, sebagian guru dan siswa menilai soal-soal AKM tidak mencerminkan apa yang diperoleh dari proses pembelajaran di sekolah, sehingga keberadaan AKM dapat mendorong mereka untuk mengubah strategi pembelajaran.

Secara umum, soal-soal AKM relatif mudah dipahami, meskipun tidak mudah dijawab, terutama karena kebiasaan dengan materi serta cara penilaian lama.

Kemendikbudristek perlu lebih intensif memberikan pemahaman kepada sekolah tentang filosofi dan tujuan AKM, sehingga tidak terjadi proses adaptasi yang kontraproduktif seperti upaya penyempitan kurikulum dalam bentuk fokus yang berlebihan pada pengajaran mata pelajaran tertentu.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Asesmen Nasional
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Sekolah > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Manajemen Sekolah
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Pertama
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan
Depositing User: Ms Ari Sulistiani
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:22
Last Modified: 10 Dec 2021 11:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot