Hermanto, Hermanto and Siswanto, Ibnu and Sujarwo, Sujarwo and Purwanto, Nurtanio Agus and Khairudin, Moh. and Ismara, K. Ima (2020) Desain pendidikan layanan khusus pada sekolah menengah kejuruan. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidkan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786025517853

[img] Text
Desain Pendidikan Layanan Khusus Pada Sekolah Menengah KejuruanBLM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6MB)

Abstract

Laporan kajian ini disusun dalam rangka mendukung kebijakan pendidikan menengah kejuruan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan yang akan
melaksanakan kajian akademis berupa naskah kebijakan tentang Desain Pendidikan Layanan Khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan. Kajian ini di susun sebagai bentuk
sumbangsih dalam mendukung perkembangan pendidikan menengah kejuruan saat ini. Pendidikan layanan khusus adalah fasilitasi pelayanan akses Pendidikan bagi
semua sebagaimana amanat dan tujuan kemerdekaan. Oleh karena itu, Pendidikan layanan khusus harus disiapkan dan didesain sesuai dengan kondisi dan karakter
kebutuhan calon peserta didik, analisis dukungan yang tersedia. Pendidikan layanan khusus (selanjutnya disebut dengan PLK) harus dapat mengakomodasi kekhasan potensi
berdasarkan geografis, social budaya, dan ekonomi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendapatkan Norma, Standar, Prosedur, serta Kriteria PLK pada SMK dengan
melakukan identifikasi potensi daerah sasaran pengembangan program layanan PLK pada SMK, identifikasi potensi layanan sumber belajar digital sebagai bagian dari Layanan
PLK pada SMK, mengembangkan konsep akademik desain layanan PLK pada SMK, mengembangkan model-model pelaksanaan layanan PLK pada SMK, menjelaskan sistem pengelolaan layanan PLK pada SMK, dan menjelaskan prosedur penyelenggaraan
layanan PLK pada SMK Kajian kebijakan ini menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan dan analisis data. Data pendahuluan didapatkan menggunakan kajian literatur, sedangkan data-data kuantitatif didapatkan dengan mengambil data-data sekunder dari sumber data
pokok SMK, Badan Pusat Statistik, dan sumber relevan lainnya. Data sekunder selanjutnya divalidasi dengan melakukan kunjungan observasi dan wawancara secara
langsung ke sasaran program Layanan PLK pada SMK.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Infografis Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Vokasi
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Sekolah > Sarana dan Prasarana
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan
Depositing User: Iin Astuti
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:44
Last Modified: 13 Aug 2021 03:44
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/23036

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot 55tbet garudaslot santuy4d garuda slot