Chotimah, Chusnul (2018) Keberhasilan program pembangunan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 207/2018. Documentation. Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img] Text
Keberhasilan Program Pembangunann Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2017 2018.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (1MB)

Abstract

Buku “Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan Dasar dan Menengah, Tahun 2017/2018” ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang ketercapaian program pembangunan pendidikan khususnya pendidikan dasar dan menengah pada tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengukur ketercapaian program pendidikan tersebut maka digunakan misi M2 dan misi M3 pendidikan dengan 23 jenis indikator. Misi M2 adalah mewujudkan akses yang meluas, merata, dan
berkeadilan dan misi M3 adalah mewujudkan pembelajaran yang bermutu. Masingmasing misi pendidikan memiliki nilai tersendiri, sehingga dari kedua misi tersebut
dihasilkan keberhasilan program pendidikan pada tingkat Provinsi dan nasional.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program aplikasi yang telah disusun dan telah dilengkapi dengan standar untuk melakukan konversi terhadap masing-masing indikator yang dijelaskan sebelumnya dan kategori wajar dikdas 9 tahun, sehingga dapat dengan segera diketahui Provinsi mana yang memiliki nilai yang terbaik dan mana yang terburuk. Nilai 100 berarti nilai yang terbaik atau ideal dan nilai mendekati 100 makin baik.

Bila dilihat berdasarkan Provinsi maka keberhasilan program pembangunan pendidikan dari tiga jenjang pendidikan lima besar pada Provinsi DI Yogyakarta,
Bali, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Sebaliknya, lima terkecil terdapat pada Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua, Aceh, dan Sulawesi Tengah. Dengan demikian, kondisi pendidikan di lima Provinsi terkecil perlu mendapat perhatian khusus.
Berdasarkan keberhasilan program pendidikan menurut jenjang pendidikan, yaitu SD, SMP, dan SM maka rata-rata nasional sebesar 87,24 termasuk madya dengan rincian SD sebesar 86,09 termasuk madya, SMP sebesar 87,78 termasuk
madya, dan SM sebesar 87,85 juga termasuk madya. Dengan demikian, keberhasilan program pendidikan semua jenjang dalam kondisi baik karena semuanya termasuk madya. Namun, terbesar adalah SM dan terkecil adalah SD. Besarnya nilai SM karena lokasi SM lebih mudah dijangkau dan terletak di kota besar jika dibandingkan dengan SMP dan SD.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Statistik Pendidikan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Hasil Survei
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan
Divisions: Sekretariat Jenderal > Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan
Depositing User: Ms Ari Sulistiani
Date Deposited: 27 Jul 2021 20:38
Last Modified: 27 Jul 2021 20:38
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/22881

Actions (login required)

View Item View Item
garudaslot mariatogel slot gacor 4d santuy4d garuda slot gacorbos slot gacor malam ini slot deposit pulsa https://prosiding.umk.ac.id/ https://jurnal.itsp.ac.id/ slot deposit pulsa