Perdana, Novrian Satria and Handayani, Meni and Purnama, Joko (2020) Analisis hubungan jumlah rombongan belajar dan jumlah peserta didik per rombongan belajar dengan mutu lulusan. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. ISBN 9786020792705
Text
Puslitjak_2020_13_Analisis_Hubungan_Rombel_dan_Mutu_Lulusan.pdf Copyright All Rights Reserved Download (2MB) |
Abstract
Adanya dua kebijakan, yaitu PPDB Zonasi dan ketentuan jumlah rombel dan siswa/rombel menyebabkan beberapa daerah mengajukan permohonan kelonggaran pengaturan jumlah rombel dan siswa per rombel dari ketentuan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Asumsinya hal ini terjadi karena sebaran sekolah yang belum merata dan masih adanya stigma masyarakat tentang sekolah favorit. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat terjadi penumpukan siswa pada suatu sekolah dan berujung pada penutupan beberapa sekolah lain karena kekurangan siswa. Selain itu, banyaknya siswa per rombel yang melebihi ketentuan dikhawatirkan dapat mengurangi efektivitas pembelajaran
dan berujung pada mutu hasil belajar. Menindaklanjuti hal ini maka perlu dilakukan kajian tentang ukuran rombongan belajar dan siswa per rombel serta hubungannya terhadap mutu lulusan. Tujuan buku ini adalah untuk memberikan rekomendasi kebijakan tentang pengaturan ukuran rombel dan siswa per rombel dalam upaya peningkatan mutu lulusan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Dwi Retnawati |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 07:29 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 07:29 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21561 |
Actions (login required)
View Item |