Amin, H. Mustaghfirin (2016) Membangun pendidikan menengah kejuruan Indonesia: sebuah peta jalan menuju 2030. Manual. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.

[img] Text
Peta_Jalan_Pengembangan_SMK_2030.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Peta Jalan Pembangunan Pendidikan Menengah Kejuruan ini disusun melalui proses diskusi dan wawancara dengan melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai sektor, dunia usaha/dunia industri, para ahli serta praktisi pendidikan menengah kejuruan. Hasil diskusi dan wawancara selanjutnya dianalisis dan disajikan dalam bentuk target yang akan dicapai pada tahun 2030, yang terdiri dari: (i) 100% - Keterlibatan dunia usaha/industri; (ii) 100% - Pengakuan kompetensi lulusan; (iii) 100% - Pengalaman industri bagi guru; serta (iv) 100% - Akreditasi A untuk Kompetensi Keahlian sesuai prioritas kebijakan Pemerintah di bidang Maritim, Pertanian, Pariwisata, dan Teknologi Informasi.

Peta Jalan ini diharapkan dapat menjadi alternatif panduan bagi sektor terkait, dunia usaha/industri, institusi, dan guru pendidikan menengah kejuruan dan masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan menengah kejuruan di Indonesia.
Disadari bahwa Peta Jalan ini masih belum sempurna, oleh karenanya sangat diharapkan saran, tanggapan dan kritikan yang sifatnya membangun demi terwujudnya Peta Jalan yang ideal bagi pengembangan Pendidikan Menengah Kejuruan Indonesia yang berkualitas.

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Profil
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan
Depositing User: Ms Ari Sulistiani
Date Deposited: 19 May 2020 16:55
Last Modified: 19 May 2020 16:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18346

Actions (login required)

View Item View Item