Siswantari, Siswantari and Widodo, Widodo and Suryawati, Dyah and Irmawati, Ais and Waspodo, R. Muktiono (2019) Evaluasi pengelolaan SMA dan SMK setelah pengalihan urusan pendidikan ke pemerintah provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786020792347
Text
Final_Cetak_05_Evaluasi_Pengelolaan_SMA_dan_SMK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (2MB) |
Abstract
Temuan-temuan hasil kajian adalah sebagai berikut: 1. Implementasi peraturan perundang-undangan terkait pengalihan urusan, di 15 provinsi, terutama tentang pembentukan cabang disdik, lebih banyak yang tidak sesuai dengan peraturan dibandingkan dengan yang sesuai. Namun demikian tidak menjadi masalah, karena dikategorikan sebagai diskresi. Menurut undang-undang lebih baik menerapkan kondisi yang tidak sesuai peraturan daripada terjadi stagnasi dalam pemerintahan. 2. Pengelolaan dikmen di provinsi masih dalam masa transisi, adaptasi dan mencari solusi berbagai permasalahan. Analisis studi ini lebih menonjolkan kondisi dan perubahan pada aspek-aspek pengelolaan. Yang dimaksudkan dengan kondisi dalam hal ini adalah kondisi yang tidak berubah baik sebelum maupun sesudah pengalihan kewenangan, misalnya masalah banyaknya jumlah guru honorer yang tetap masih ada setelah pengalihan urusan pendidikan menengah ke provinsi. Kondisi tersebut dapat dikategorikan sebagai kondisi negatif, karena merupakan masalah. 3. Hasil pemetaan memperlihatkan jumlah perubahan negatif jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah perubahan positif.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan Pendidikan > Sekolah > Sekolah Menengah Atas |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mr Chaidir Amir |
Date Deposited: | 03 May 2020 01:25 |
Last Modified: | 03 May 2020 01:49 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18044 |
Actions (login required)
View Item |