Bakrun, M and Khurniawan, Arie Wibowo and Widjajanti, Chrismi and Razik, Arfah Laidiah and Adi, Farid Prasetyo and Majid, Muhammad Abdul and Syafaa, Ahmad Rofiuddin (2019) Vocational education policy white paper vol. 1 nomor 12 tahun 2019 : strategi peningkatan daya saing lulusan SMK melalui penguatan kompetensi bahasa Inggris. Working Paper. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.

[img] Text
12 Strategi Peningkatan Daya Saing Lulusan SMK melalui Penguatan Kompetensi Bahasa Inggris.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (17MB)

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris merupakan salah satu kunci keberhasilan angkatan kerja dalam bersaing
di dunia kerja pada era globalisasi ini, khususnya setelah bergulirnya era industry 4.0 dimana perkembangan
teknologi dan informasi terjadi sangat cepat dan masif. SMK sebagai wadah pendidikan di Indonesia yang
bertujuan melahirkan angkatan kerja yang kompetitif dan siap kerja harus mampu memfasilitasi para siswa
dan calon lulusan dengan tuntutan pasar kerja dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di dunia kerja.
Jumlah jam belajar bahasa Inggris di SMK sebanyak 270 jam selama 3 tahun, dibandingkan dengan tuntutan
jumlah jam belajar bahasa Inggris untuk mencapai tingkat kemampuan bahasa Inggris yang cukup bagi siswa
SMK adalah 530-600 jam tentunya sangat kurang. Rekomendasi strategi peningkatan mutu pendidikan bahasa
Inggris dengan tantangan kondisi aktual di SMK saat ini menjadi kebutuhan yang mendesak dalam rangka
peningkatan daya saing lulusan SMK menghadapi persaingan global di era industry 4.0.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Kejuruan
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi > Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan
Depositing User: Mr Chaidir Amir
Date Deposited: 07 Apr 2020 00:18
Last Modified: 07 Apr 2020 00:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item View Item