Wirantho, Sapto Aji and Ramli, Soraya and Arriani, Farah and Setiawati, Eka and Suryawati, Dyah and Sudrajat, Unggul (2018) Karakteristik daerah dalam mengembangkan kurikulum kemaritiman. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta. ISBN 9786020792040
Text
Studi Karakteristik Daerah Kemaritiman.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstract
Wilayah Indonesia meliputi daratan dan lautan. Luas wilayah laut Indonesia mencapai 3/4 dari seluruh wilayah Indonesia. Di sisi lain, kemaritiman mulai bergaung pada masa
pemerintahan sekarang. Di dalamnya terdapat program
Nawacita yang menonjolkan kemaritiman. Tentu saja ini
bukan disikapi sebagai eforia semata, namun harus didukung
oleh semua elemen. Salah satunya melalui pendidikan.
Pendidikan ini tidak saja di lingkungan sekolah, namun juga
harus didukung lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kurikulum yang dikembangkan tak hanya harus memiliki
muatan pengetahuan melainkan juga memperhatikan potensi dan karakteristik daerah, tuntutan pembangunan dan
perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, pemerintah
pusat diharapkan memahami kompleksitas dan variasi masingmasing daerah dan sekolah. Di sisi lain, daerah/sekolah harus memiliki kemampuan menjabarkan standar nasional ke dalam kurikulum yang sesuai dengan karakteristik daerahnya. Hal ini yang disebut diversifikasi kurikulum.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus > Kurikulum Pendidikan Khusus |
Divisions: | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Penelitian Kebijakan |
Depositing User: | Mrs Syafnelly Syafnelly |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:56 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15837 |
Actions (login required)
View Item |