Rahmida, Rahmida (2017) Peningkatan hasil belajar IPA materi reproduksi tumbuhan melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rantau Pulung. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, XI (1). pp. 95-109. ISSN 1858-3105
Text
08 Juni 2017.pdf - Published Version Download (449kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), yang dilaksanakan dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan dengan materi Reproduksi tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur semester 1 tahun pelajaran 2016/7 sebanyak 22 orang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menunjukkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar IPA yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal ke siklus I yaitu 62,04 menjadi 72,27, dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dari 72,27 menjadi 80,90 dan meningkatnya nilai hasil belajar, berpengarug juga pada jumlah siswa yang tuntas belajar dari kondisi awal ke siklus 1 adalah 45,5 % menjadi 72,7% dari siklus 1 ke siklus 2 diperoleh 72,7 % meningkat menjadi 95,4 %.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar IPA Reproduksi Tumbuhan |
Subjects: | Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Mutu Pendidikan Pendidikan > Siswa Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 03:07 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 06:09 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15617 |
Actions (login required)
View Item |