Amir, Amir (2016) Meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui model pembelajaran Autentik pada siswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Samarinda. BORNEO: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, x (2). pp. 119-127. ISSN 1858-3105

[img] Text
10 Desember 2016.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan
kelas ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan diterapkannya melalui model pembelajaran autentik pada siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Samarinda, (b) Bagaimanakah pengaruh melalui pengajaran autentik terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah diterapkannya pengajaran autentik pada siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Samarinda, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah diterapkan pengajaran autentik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga
putaran/siklus. Setiap putaran/siklus terdiri dari empat
tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Samarinda, dengan jumlah siswa 36 orang, 19 orang pria dan 17 orang wanita. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu, siklus I (36,11%), siklus II (72,22%), siklus III (94,44%)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pengajaran Autentik, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:00
Last Modified: 07 Nov 2019 07:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15586

Actions (login required)

View Item View Item