Napasti, Friny (2016) Implementasi lesson study berbasis sekolah (LSBS) sebagai upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, X (1). pp. 1-12. ISSN 1858-3105

[img] Text
01 Juni 2016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan implementasi LSBS dan respon guru terhadap implementasi LSBS dalam PKB bagi guru di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian tindakan sekolah berbasis lesson study yang dilakukan oleh kepala sekolah pada 28 guru SMP Negeri 2 Tarakan. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dengan hasil sebagai berikut : terdapat peningkatan persentase keterlaksanaan lesson study pada siklus 1 74,04%, siklus 2 85,95%, siklus 3 92,22% dan siklus 4 96,18%. Sehingga diperleh rata-rata persentase keterlaksanaan sebesar 87,10% dengan kriteria amat baik, serta terdapat peningkatan rata-rata respon guru dari cukup baik dengan skor 1,49 pada siklus 1, 1,59 pada siklus 2, 1,86 pada siklus 3 dan 1,88 pada siklus 4, sehingga rata-rata respon guru terhadap pelaksanaan LSBS adalah rata-rata 1,71 dengan kriteria amat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan LSBS berjalan sangat baik dan terdapat peningkatan respon guru dalam melaksanakannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, LSBS, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB
Subjects: Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:07
Last Modified: 27 Dec 2019 08:07
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item