Jupri, Jupri (2011) Upaya peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, V (1). pp. 55-67. ISSN 1858-3105

[img] Text
05 Juni 2011.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (215kB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan menuntut siswa menunjukkan
sikap yang baik, kreatif, dan bertanggungjawab. Tapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran PKn belum tercapai sebagaimana yang diharapkan. Seringkali guru menemukan siswa tidak berani
mengemukakan pendapat maupun bertanya. Dalam bekerja kelompok banyak dari anggota kelompok yang hanya mencantumkan nama saja tanpa ikut berpartisipasi dalam kelompok. Tanggungjawab siswa rendah, baik terhadap dirinya sendiri (individu) maupun terhadap kelompok. Penelitian ini dilakukan di kelas VII B, semester 2, tahun pelajaran 2009/2010 di SDN 012 Pasir Belengkong. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi, catatan lapangan, dan kuesioner.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Siswa
Pendidikan > Sekolah > Pembelajaran
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur
Depositing User: lpmpkaltim -
Date Deposited: 14 Nov 2019 12:00
Last Modified: 14 Nov 2019 12:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item
Slot Toto ladangtoto garudaslot santuy4d garuda slot