Utoyo, Bambang (2007) Penguasaan materi aritmetika guru SD setelah mengikuti diklat matematika di LPMP Kaltim tahun 2006. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, I (2). pp. 11-18. ISSN 1858-3105
Text
02 Desember 2007.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (200kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran penguasaan operasi dasar aritmetika guru Sekolah Dasar (SD) yang telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan operasi dasar aritmetika mana yang meningkatkan kualitas guru matematika. Penelitian menggunakan rancangan penelitian observasional dengan ciri penelitian deskriptifkualitatif. Sedangkan sifat penelitian adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah guru SD Samarinda tahun pembelajaran 2006/2007. Alat penelitian yang digunakan 1) daftar cek list dan lembar kerja, 2) tes untuk mengetahui penguasaan materi aritmetika sebelum dan sesudah Diklat Matematika. Analisis data sesuai tujuan menggunakan statistik parametrik, karena distribusi mempunyai sebaran normal. Deskriptif-kualitatif untuk mendapatkan gambaran secara umum maupun khusus, situasi yang berkenaan kemampuan penyelesaian operasi dasar aritmetika pada proses pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara sebelum mengikuti Diklat dengan sesudah, sedangkan variabel kelompok guru kelas tinggi dan kelompok kelas rendah tidak terdapat perbedaan penguasaan operasi dasar aritmetika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan > Sekolah > Sekolah Dasar |
Divisions: | Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > LPMP Kalimantan Timur |
Depositing User: | lpmpkaltim - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 09:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 09:23 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15348 |
Actions (login required)
View Item |